komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Senin, 23 Oktober 2017  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Sistem Quantum Penangkal Hacker
AP/BAG

Sampai detik ini, masalah hacker masih menjadi mimpi buruk bagi dunia komputer. Khususnya yang berkaitan dengan network computer. Kasus pencurian data ataupun pembobolan uang di bank masih sering terdengar di telinga kita.

Tapi, para ilmuwan dari Harvard University, Boston University, dan BBN Technologies tak ingin terus berdiam diri. Buktinya, mereka berhasil mengupayakan sebuah sistem jaringan komputer yang dijamin aman dari pencurian ataupun pengintaian data.

Para ilmuwan tersebut telah berhasil mengembangkan sistem quantum encryption yang memanfaatkan partikel cahaya yang dikenal sebagai photon. Lewat partikel inilah seseorang dapat mengunci ataupun membuka informasi sebagai ganti "kunci" yang biasanya berupa nomor acak. Dengan menggunakan teknologi ini, para ilmuwan dapat melakukan pertukaran data, mengirimkan e-mail, dan mengunjungi situs lain, namun masih tetap dalam perlindungan.

Sampai saat ini, kinerja photon masih diuji. "Teknologi ini sangat futuristik," ujar John M. Myers, ilmuwan dari Harvard University. "Pengaplikasiannya akan menyerupai pemanfaatan laser atau perangkat transistor," lanjutnya.

Teknik pembacaan sandi quantum ini bergantung pada penemuan dalam ilmu fisika. Bahwa partikel subatomik terdapat dalam multiple states hingga sesuatu berinteraksi dengannya. Hingga akhirnya photon yang digunakan dalam quantum encryption mengubahnya dan merusak kodenya.

Dana yang diperlukan untuk kelangsungan proyek ini sebesar USD 4 juta (sekitar Rp 37 miliar). Jumlah tersebut disubsidi oleh Pentagon Defense Advanced Research Projects Agency.

Sementara itu, MagiQ Technologies, sebuah perusahan asal New York, tengah berencana memulai penjualan beberapa unitnya untuk keperluan komersil. Bahkan sebuah grup perusahaan asal Eropa akan segera membuat quantum pertama untuk keperluan keamanan transaksi perbankan.

Sumber : Jawa Pos (28 September 2004)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 9 Oktober 2004

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2017 LIPI